Skip to content

Undangan Menulis: Bicaralah Buruh!

April 16, 2012
Tahu istilah “May Day” kan? Ya, itu adalah sebutan untuk Hari Buruh Internasional, yang jatuh setiap tanggal 1 Mei. Banyak kalangan, terutama buruh, memperingati May Day dengan turun ke jalan, tuk meneriakkan tuntutan perjuangan. Salah satunya adalah yang akan dilakukan oleh 3 (tiga) Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI – KSPSI – KSBSI), dengan melakukan aksi longmarch dari HI ke Istana, dan dilanjutkan Rapat Akbar di Gelora Bung Karno yang rencananya akan diikuti lebih dari 150 ribu orang.
Serikat Pekerja Anek Industri (SPAI), sebagai bagian dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), juga memastikan untuk terlibat secara aktif dalam Rapat Akbar yang dipusatkan di Gelora Bung Karno. Tidak hanya itu, melalui Website www.spai-fspmi.or.id, kami juga bermaksud merayakan May Day dengan mengusung spirit: Bicaralah Buruh.
Bicaralah Buruh merupakan sebuah ajang berbagi semangat dan harapan dari pekerja/buruh, baik di dalam maupun diluar negeri melalui tulisan. Mudah-mudahan dengan cara yang sederhana ini, kita bisa memberikan sumbang sih pada peradapan. Sebagai media edukasi dan pembelajaran bagi semua.
Untuk itu, kami mengundang kawan-kawan untuk mengeskpresikan hari perjuangan ini melalui tulisan. Mari kita sharing bersama tentang harapan, pendapat, pandangan, atau pengalaman sebagai seorang buruh. Tulisan bisa berbentuk artikel lepas, cerpen, surat terbuka, curah pendapat, puisi, terkait dengan perburuhan melalui event Bicaralah Buruh. Kawan-kawan juga bisa membuat tulisan berupa liputan khusus peringatan May Day di daerah tempat tinggal Anda.
Syarat Umum
1.      Undangan Menulis ini terbuka untuk umum. Baik pekerja/buruh di dalam negeri, maupun kawan-kawan TKW/TKI yang diluar negeri.
2.      Tulis pengalaman, harapan, dan pendapat tentang pekerja/buruh, dengan panjang tulisan maksimal 5 halaman A4. Tulisan bisa berbentuk artikel lepas, cerpen, surat terbuka, curah pendapat, dan puisi. Kawan-kawan juga bisa membuat tulisan berupa liputan khusus peringatan May Day di daerah tempat tinggal Anda.
3.      Sertakan nama penulis dan biodata deskriptif di akhir naskah.
4.      Tulisan dikirim ke alamat e-mail: spai.fspmi@gmail.com  dan di Cc ke admin@spai-fspmi.or.id
5.      Setiap tulisan yang masuk akan dipublikasikan melalui www.spai-fspmi.or.id dengan kategori ”Suara Buruh”.
6.      Lima orang penulis terbaik mendapatkan souvenir dari Admin Website SPAI FSPMI (seandainya ada peserta dari luar negeri yang berhasil menjadi salah satu penulis terbaik, souvenir dikirim di alamat Indonesia).
7.      Event Bicaralah Buruh ini terbuka untuk umum. Kawan-kawan bisa mulai mengirimkan tulisannya sejak tanggal 20 April 2012 s/d tanggal 5 Mei 2012. Tulisan akan ditayangkan di Website SPAI FSPMI mulai tanggal 30 April 2012 s/d 10 Mei 2012. Lima Tulisan terbaik akan diumumkan pada tanggal 30 Mei 2012. Keputusan dewan juri bersifat final, dan tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta, 15 April 2012
Salam Solidaritas;
Admin Website SPAI FSPMI

From → Suara Buruh

2 Comments
  1. May day adalah salah satu syarat dalam penerbangan jika dalam keadaan darurat …. dan disaat inilah buruh pada tgl 1 Mei membutuhkan mayday…mayday…mayday … artinya semua pada saat itu juga meneriakkan tuntutan .

  2. Anonymous permalink

    maaf baru sempet online, jadi baru bisa baca info lengkapnya

    Insya Allah ikut berpartisipasi🙂

    Salam

    Okti Li

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: