Skip to content

Selama 1 Tahun, SPAI Berhasil Membentuk 10 Pimpinan Cabang

April 9, 2012
Rapat Kerja Nasional Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAI FSPMI) yang dijadwalkan pada tanggal 6 – 8 April 2012 di Batang, Jawa Tengah, sudah berakhir. Rakernas kali ini dihadiri lebih dari 90 peserta, terdiri dari pengurus Pimpinan Pusat, Pimpinan Cabang dan Pimpinan Unit Kerja dari berbagai daerah. Rapat yang dibuka oleh Presiden FSPMI, Said Iqbal, juga dihadiri perwakilan dari pengurus pusat Serikat Pekerja Anggota FSPMI, seperti: Rustan (Ketua Umum PP SPAMK FSPMI), Mukiswara (Sekretaris Umum PP SPPJM FSPMI), dan Evi Ristiasari (PP SPL FSPMI).
Berbeda dengan SPL, SPAMK, dan SPEE yang mengadakan Rakernas di hotel berbintang, Rakernas SPAI justru diselenggarakan dibawah ribuan bintang. Tepatnya di Omah Tani, sebuah aula terbuka di tengah kebun cengkeh yang menyatu dengan alam. Dalam sambutannya, Ketua Umum SPAI, Obon Tabroni mengatakan, yang terpenting adalah substansi dari Rakernas itu sendiri. Justru di tempat seperti ini peserta akan memiliki pengalaman langsung bersentuhan dengan masyarakat yang selama ini tengah bekerja secara real melakukan kerja-kerja politik yang berorentasi pada publik. Hal ini sejalan dengan spirit SPAI: Dari pabrik ke publik. Go Publik. Go Pilitik.
Adapun tema yang diangkat dalam Rakernas SPAI kali ini adalah, ”Memperkuat Konsolidasi Untuk Membangun Gerakan Buruh Progresif.” SPAI bertekad untuk menjadi organisasi serikat buruh yang modern. Tidak hanya berkutat pada permasalahan di tingkat pabrik, tetapi juga memiliki empati dan ikut memperjuangkan kepentingan masyarakat yang lebih luas.
Pencapaian
Meski baru berusia 1 tahun 2 bulan, sudah banyak capaian yang berhasil ditorehkan oleh SPAI FSPMI . Beberapa capaian tersebut antara lain, berhasil membentuk Pimpinan Cabang di 10 (sepuluh) daerah: Bekasi, Karawang, Tangerang, Bandung, Karimun, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya, Semarang dan Demak. Selain itu, SPAI juga telah membentuk task force di Medan, Aceh, Gorontalo, dan Sulawesi Utara.
Jumlah anggota SPAI juga meningkat pesat. Saat ini, SPAI FSPMI memiliki 102 unit kerja dengan 13.480 anggota. Jumlah tersebut tersebar dari mulai Bekasi, Karawang, Bandung, Tangerang, Serang, Semarang, Demak, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Karimun, Batam, Bintan, Medan, hingga Aceh.
Di bidang Pendidikan, SPAI juga telah mengadakan  pendidikan TOT, PKB, dan Upah. Ini belum termasuk pendidikan-pendidikan swadaya yang diselenggarakan di masing-masing cabang.
Di bidang Advokasi, SPAI melakukan pembelaan terkait dengan penutupan perusahaan PT. Jagad Karimbanusa dan PT. Gimmil. SPAI juga banyak melakukan advokasi terkait dengan upah, hubungan kerja dan status kerja. Hal ini mengingat, perselisihan hubungan industrial di PUK-PUK SPAI kebanyakan adalah masalah yang bersifat normatif.
Di bidang komunikasi, SPAI telah menerbitkan Website: www.spai-fspmi.or.id. SPAI juga memiliki Fb group Aneka Industri. Keberadaan Website dan Focebook ini dirasa penting, untuk menjawab luasnya sebaran dan ruang lingkup SPAI. (ksc)

From → Berita

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: