Skip to content

Wardi: ’Dukun’ yang Ikut Aksi di BEI

October 8, 2011

Meski sudah 2 hari berselang, aksi KAJS untuk mendesak Pemerintah dan DPR RI agar segera mengesahkan RUU BPJS di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kementerian Keuangan pada hari Kamis (6/10) lalu masih menjadi pembicaraan. Aksi ini pun dinilai berani, mengingat BEI adalah simbol kapitalis dunia. Dengan demikian, bergeraknya KAJS ke BEI sekaligus menjadi pesan bahwa disahkannya RUU BPJS pada masa sidang kali ini adalah harga mati.

Aksi unjuk rasa ini juga diselingi dengan aksi teatrikal yang dibawakan oleh peserta aksi dari FSPMI Tangerang. Sebuah teatrikal, yang menggambarkan pengusiran setan dan roh jahat kapitalis yang selama ini menghalang-halangi rakyat Indonesia mendapatkan jaminan sosial. Dalam aksinya, mereka juga membawa replika tolak angin raksasa untuk Pemerintah dan DPR, agar para wakil rakyat itu tidak masuk angin saat sidang soal rakyat.

“Dalam teorinya, media selalu mencari berita. Dan nampaknya, sekedar unjuk rasa bukan lagi berita bagi mereka. Kita bisa melihat, yang banyak diberitakan adalah soal kemacetan dan kisruh yang terjadi saat aksi unjuk rasa berlangsung. Dengan teatrikal, kita berusaha mencuri perhatian media…,” ujar Kahar, yang menjadi inisiator dan melatih peserta teatrikal.

Sementara itu, yang berperan sebagai dukun – tokoh sentral dalam teatrikal ini – adalah Wardi, Wakil Sekretaris Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Tangerang. Pria yang juga menjabat Ketua PUK SPAI FSPMI di tempatnya bekerja ini mengaku sangat senang bisa memainkan peran sebagai dukun.

“Saya ingat, dulu waktu kecil ketika sakit sering dibawa ke dukun untuk diberi jampi-jampi. Jika nanti RUU BPJS disahkan, mudah-mudahan seluruh rakyat Indonesia ketika sakit bisa mendapatkan perawatan yang memadai di rumah sakit,” ujar pria yang bersahaja ini.

Harapan Wardi cukup beralasan. Sebab jika RUU BPJS, akan ada Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang menjalankan Jaminan Kesehatan bagi seluruh Rakyat Indonesia seumur hidup tanpa batasan penyakit. (KSC)

From → Berita

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: