Skip to content

Bursa Efek Indonesia ‘Dikepung’ Ribuan Buruh

October 8, 2011
Bursa Efek Indonesia ‘Dikepung’ Ribuan Buruh
Kamis, 06 Okt 2011, Junaedi Abdillah
 JAKARTA, BeritAnda – Ribuan elemen buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS), Kamis (6/10/2011) ‘mengepung’ gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ). Dalam aksinya, mereka menutut Pemerintah SBY – Budiono segera mengesahkan RUU BPJS, yang telah beberapa kali tertunda masa persidangannya.

Menurut salah satu koordinator aksi, Nyumarno dari KAJS mengatakan bahwa kehadiran sejumlah elemen buruh ini aksi ke BEJ ini, tidak lain karena BEJ ini merupakan symbol kapitalisme di Indonesia.
“Kapitalisme telah memperlebar jurang antara yang miskin dan kaya, disamping itu capitalism juga membuat angka pengangguran semakin membengkak,” papar Nyumarno.
Selain itu, karena mereka juga mensinyalir dana jaminan sosial seperti yang tersimpan di PT Jamsostek, PT Taspen, PT Asabri, dan PT Askes diperdagangkan di bursa saham. Faktanya, contoh dana Pensiun yang selama ini diterima peserta Taspen dan Asabri  tersebut bukan dari hasil pengelolaan dana peserta yang selama ini disetor PPLRI/TNI, melainkan dana pensiun mereka dibayar dari APBN. Pertanyaannya, kemana dana pensiun  yang dipotong dari gaji mereka (TNI/POLRI) tiap bulan…???
“Bila sampai tanggal 25 Oktober pemerintah tidak mengesahkan RUU BPJS, maka KAJS kami akan terus menduduki BEI,, atau SBY – Budiono mundur,” tegas Nyumarno
KAJS sendiri terdiri dari 68 elemen masyarakat yang terdiri dari kaum buruh, petani nelayan, mahasiswa, dan lain-lain. (Ratman)

Sumber: Berita Anda

Post & edit  by. NDP
Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: