Skip to content

Tanpa Jaminan Sosial, Karyawan Rogoh Rp 10 T untuk Berobat Tiap Tahun

September 11, 2011
Andi Saputra – detikNews

Jakarta – 24 Juta karyawan Indonesia mengeluarkan Rp 10 triliun hanya untuk biaya berobat dan kesejahteraan dalam satu tahun. Padahal, hal ini seharusnya tidak terjadi apabila pemerintah Indonesia memiliki Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat.
“Dari 32 juta pekerja, hanya 8 juta yang mampu meng-cover dirinya. Sisanya, 24 juta karyawan, tidak punya jaminan sosial seperti berobat, uang pensiun dan kecelakaan kerja,” kata Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UI, Habsullah Thabrani, dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Gajah Mada, Rabu (23/2/2011).

Hasbullah menyatakan hal tersebut dalam sidang lanjutan gugatan Citizen Lawsuit di depan Ketua Majelis Hakim Ennid Hasanuddin. Selain itu, dalam kesaksiannya, Hasbullah mengatakan, akibat warga Indonesia tidak diasuransikan, 14 ribu ibu kehilangan janinnya karena tidak bisa berobat saat hamil dan pasca melahirkan.

“Kalau orang miskin, tidak boleh sakit,” tambah mantan Tim Perumus UU SJSN ini.

Padahal, jika pemerintah punya political will, kata dia, anggaran premi untuk rakyat Indonesia sebanyak 229 juta jiwa tidak sampai melebihi 5 persen dari APBN.

“Tidak lebih dari uang kasus Bank Century,” tandas kuasa hukum penggugat, Della Feby, usai sidang.

Di beberapa negara, sistem ini sudah menjadi kebijakan pemerintah. Di AS, pemerintah mengasuransikan warganya sejak tahun 1920-an. Malaysia langsung menjaminkan kesejahteraan warganya usai merdeka di tahun 1950-an.

“Bagaimana Indonesia?” tanya balik Della sambil menghela napas panjang.

Seperti yang diketahui, Said Iqbal dan 120 penggugat lainnya menuntut Presiden SBY meminta maaf secara terbuka atas kelalaiannya tidak menyelenggarakan jaminan sosial. Penggugat meminta pemerintah segera melaksanakan amanat UU 40/2004 tentang SJSN.

Selain SBY, penggugat juga menggugat Ketua DPR, Wapres RI, Menko Kesra, Menko Perekonomian, Menkeu, Menkum HAM, Menkes, Mensos, Menakertrans dan Menhan.
(asp/irw)

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: