Skip to content

BPJS Macet, F-PDIP Lebih Memilih Hak Angket

September 11, 2011

Demonstrasi mendukung pembentukan
BPJS (JPI/Andri N)

Senayan – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) lebih memilih untuk menggunakan hak angket sebagai tindak lanjut macetnya pembahasan Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS). Dengan hak angket, akan diketahui secara pasti mengapa pemerintah melakukan tindakan itu dan mencari solusi terbaiknya. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) BPJS Surya Chandra Suropaty kepada Jurnalparlemen.com, Senin (28/3).

“Hak angket itu adalah penyelidikan, dan mencari tahu mengapa RUU BPJS tidak bisa terealisasi dan mengetahui mengapa pemerintah melakukan itu,” kata Surya Chandra.

Fraksi-fraksi lain, selain Fraksi Partai Demokrat (F-PD), akan setuju dengan hal itu. Karena seluruh fraksi memiliki frame pemikiran yang sama, ingin merealisasikan UU BPJS. Hal itu bukan hal yang sulit. Usulan penggunaan hak angket hanya membutuhkan tanda tangan 25 anggota DPR.

Surya Chandra optimistis hal itu akan bisa terealisasi, karena DPR memiliki pemahaman yang sama atas pentingnya RUU BPJS bagi masyarakat.

Hingga sehari menjelang deadline yang diberikan Pansus BPJS kepada pemerintah untuk segera bersikap dan mau kembali membahas Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU BPJS, belum ada kemajuan berarti. Pemerintah tetap tidak merespons dan mengirim surat kepada pimpinan DPR untuk meminta tambahan waktu satu masa sidang lagi seperti diamanatkan oleh UU MD3.

“Karenanya, Pansus BPJS akan mengirim surat ke Pimpinan DPR dan meminta Pimpinan DPR untuk mengirim surat resmi kepada pemerintah dan mempertanyakan mengenai hal itu,” kata anggota DPR Dapil Sumatera Selatan I ini.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: